Didalam kehidupan ini kita senantiasa membutukan Iman dan Sholat, disertai dengan Ilmu dan Dzikir serta kita tunaikan hak-hak Saudara Muslim kita dengan Ikhlas semata-mata karena Allah SWT.... serta kita niat Dakwah-kan Agama ini.......dari kampung ke kampung....... dari rumah ke rumah.... dari masjid ke masjid..sampai ke seluruh Alam....Bersedia Insya Allah...

Nasihat Abadi 3 - 4


Wasiat imam Ali AS untuk putranya imam Hasan AS
yang ditulis sekembalinya dari perang Shiffin

Sumber Buku :
Judul : Nasihat Abadi (Surat Ali kepada Putranya)
Penerbit Al-Huda PO.BOX 7335 JKSPM 1207 tahun 2001


Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang,

Sambungan...,

Takwa Adalah Jaminan Bagi Pembinaan Diri
3. Anakku, kuwasiatkan kepadamu agar selalu bertakwa kepada Allah. Anakku, selalulah engkau melaksanakan titah-titah-Nya dan menghidupkan hatimu dengan dzikir dan berpagang teguh dengan tali-Nya. Dengan kuasa-Nya, segala kesulitan menjadi tiada artinya. Sungguh gerangan hubungan apakah yang lebih kokoh dari pada hubunganmu dengan-Nya selama engkau masih berpegang teguh pada-Nya ?

4. Hidupkanlah hatimu dengan spirit nasihat, hancurkanlah ia dengan zuhud dan keyakinan yang kuat, sinarilah ia dengan hikmat, lembutkanlah hatimu dengan mengingat kematian, tentramkanlah ia dengan mengingat kefanaan, sadarkanlah ia akan bahaya yang mengancam dari dunia, lantara dunia bukan hanya mengandung hal-hal yang menyenangkan tapi juga membawa racun yang siap mematikan. Biarkan hatimu mencatat keganasan zaman dan kejahatan peristiwa di siang hari dan di malam hari ! Berkelanalah engkau  mempelajari sejarah orang-orang terdahulu, dan ingatlah apa yang telah menimpa mereka dulu. Kembangkanlah layar perahu di jagad (ahsanu nizham) yang kokoh, waspadalah, jangan sampai engkau tenggelam (di dalamnya), bercerminlah kepada cermin sejarah. Buka lah lembaran-lembaran sejarah orang-orang terdahulu, analisislah suka dan duka dalam kehidupan mereka, dimana mereka tinggal dan ke mana sekarang mereka pergi? Engkau akan menyadari bahwa mereka telah meninggalkan orang-orang yang dulu mereka cintai, dan saatnya engkau akan menyadari bahwa engkau juga akan menjadi bagian dari mereka.

bersambung .....

0 komentar:

Posting Komentar